Analisis proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 di kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto

Reninda Dewi, Pinar (2019) Analisis proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam kurikulum 2013 di kelas II SDN Jatidukuh Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 14. pp. 172-190. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Reninda Dewi Pinar_Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo_2019-14.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Reninda Dewi Pinar_Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo_2019-14.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Peneliti memiliki ketertarikan pada pendekatan pembelajaran yang terdapat di kurikulum 2013, yaitu pendekatan saintifif (scientific approach). Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jatidukuh Mojokerto kelas II. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, proses, dan penilaian pembelajaran dengan pendekatan saintifik sserta kendala-kendala dalam kegiatan belajarnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman (1992). Hasil penelitian ini adalah (1) guru tidak menyusun RPP sendiri,(2) pelaksanaan pembelajaran belum maksimal, (3) penilaian pembelajaran belum dilaksanakan sesuai dengan pedoman penilaian yang terdapat di kurikulum 2013. Kendala-kendala yang dihadapi guru maupun siswa adalah (1) terbatasnya waktu, (2) kurangnya pemahaman tentang pendekatan saintifik,(3) terbatasnya sumber belajar, dan (4) penggunaan pembelajaran konvensional yang sulit untuk dihilangkan karena belum terbiasa. Maka dari itu perlu adanya monitoring dari kepala sekolah agar mampu meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Proses pembelajaran, Pendekatan saintifik, Kurikulum 2013
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:48
Last Modified: 21 Jun 2023 07:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18421

Actions (login required)

View Item
View Item