Analisis kemampuan awal 21st century skills mahasiswa calon guru SD

Heny Sulistyaningrum and Anggun Winata and Sri Cacik (2019) Analisis kemampuan awal 21st century skills mahasiswa calon guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 12. pp. 142-158. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Heny Sulistyaningrum_Universitas PGRI Ronggolawe Tuban_2019-12.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Heny Sulistyaningrum_Universitas PGRI Ronggolawe Tuban_2019-12.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview

Abstract

Upaya dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas dalam menghadapi abad 21 maka perlu dilakukan peran guru atau calon guru yang memiliki kualifikasi mempunyai kemampuan 21st century skills. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal 21st century skills sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan 30 mahasiswa sebagai sampel. Kemampuan 21st century skills meliputi critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal 21st century skills mahasiswa PGSD Unirow masih menunjukkan hasil rendah. Hasil ini ditunjukkan dari kemampuan rata-rata untuk berpikir kritis mahasiswa menunjukkan hasil rata-rata kurang dari 30%, kemampuan komunikatif kurang dari 50%, kemapuan kolaboratif dan berpikir kreatif kurang dari 45%. Adapun solusi yang dapat ditawarkan yaitu perlunya pembelajaran melalui model Problem-Based Learning (PBL), model cooperative learning dan model pembelajaran lain yang dpat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Calon guru, 21st century skills, Konsep IPA
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 26 Jun 2023 01:32
Last Modified: 27 Jun 2023 01:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18419

Actions (login required)

View Item
View Item