Problematika guru dalam implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo

Ma’ruf, Ma’ruf (2019) Problematika guru dalam implementasi penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD Al-Muslim Waru Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 8. pp. 88-107. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Ma'ruf_STAI Yayasan Pendidikan Bhakti Wanita Indonesia Surabaya_2019-8.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ma'ruf_STAI Yayasan Pendidikan Bhakti Wanita Indonesia Surabaya_2019-8.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) pemahaman guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo tentang penilaian autentik; (2) problem yang dialami guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengimplementasikan penilaian autentik; (3) upaya yang dilakukan guru SD AL-Muslim Waru Sidoarjo dalam mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) guru telah menguasai konsep penilaian dan konsep penilaian autentik, (2) Problematika yang dihadapi guru dalam implementasi penilaian autentik yaitu banyak aspek yang dinilai dan teknik yang digunakan, ketersediaan waktu, karakteristik siswa, jumlah siswa, dan individu guru, (3) Guru melakukan beberapa upaya untuk mengatasi problem yang dihadapi dalam mengimplementasikan penilaian autentik, diantaranya berdiskusi dengan teman sejawat dan menambah referensi tentang penilaian autentik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru, Penilaian autentik, Kurikulum 2013
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:34
Last Modified: 21 Jun 2023 07:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18415

Actions (login required)

View Item
View Item