Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal

Nyoman Ayu Putri, Lestari (2019) Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 7. pp. 72-87. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Nyoman Ayu Putri Lestari_Universitas Triatma Mulya_2019-7.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nyoman Ayu Putri Lestari_Universitas Triatma Mulya_2019-7.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar Matematika dengan kovariabel kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan singlefactor independent groups design with use ofcovariate. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Gugus I Kecamatan Negara sampel pada penelitian ini berjumlah 67 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar Matematika, kemampuan numerik dan kemampuan verbal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional serta terdapat kontribusi kemampuan numerik dan kemampuan verbal terhadap hasil belajar Matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Numerik, Verbal
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:48
Last Modified: 22 Jun 2023 04:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item
View Item