Pengaruh modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama terhadap pengembangan karakter mandiri siswa

Intan Rahma, Utami and Retno, Triwoelandari and M. Kholil, Nawawi (2019) Pengaruh modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama terhadap pengembangan karakter mandiri siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 6. pp. 58-71. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Intan Rahma Utam_Universitas Ibn Khaldun Bogor_2019-6.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Intan Rahma Utam_Universitas Ibn Khaldun Bogor_2019-6.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam Islam mengajarkan untuk mendidik anak secara mandiri, karena pada akhirnya nanti masing-masing individulah yang dimintai pertanggung jawaban atas apa yang diperbuatnya di dunia. Berdasarkan hasil observasi, kegiatan pembelajaran di kelas hanya sebatas penyampaian materi tanpa mengintegrasikan nilai - nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama dalam mengembangkan karakter mandiri siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain eksperimen pretest-posttest control group design. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 siswa kelas 5 sekolah dasar. Teknik pengumpulan data yaitu dengan melakukan observasi serta analisis data menggunakan software SPSS 20 for window. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perbedaan pretest dan posttest sebesar 7,2069 pada kelas eksperimen dan 3,5455 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama berpengaruh dalam pengembangan karakter mandiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul, Integrasi agama, Karakter mandiri
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:32
Last Modified: 21 Jun 2023 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18413

Actions (login required)

View Item
View Item