Implementasi metode lipirtup untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa sekolah dasar kelas 4 SDN Ngino II Semanding

Arik Umi, Pujiastuti and Novi, Wulandari (2019) Implementasi metode lipirtup untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa sekolah dasar kelas 4 SDN Ngino II Semanding. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 4. pp. 35-46. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Arik Umi Pujiastuti_Universitas PGRI Ronggolawe Tuban_2019-4.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Arik Umi Pujiastuti_Universitas PGRI Ronggolawe Tuban_2019-4.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dan dokumentasi di SDN Ngino 02 Kecamatan Semanding Kabupaten Tubankemampuan menulis puisi siswa masih rendah, delapan siswa yang mendapat nilai sesuai kriteria dan 16 siswa mendapat nilai di bawah kriteria sehingga persentase nilai yang didapatkan secara klasikal mencapai 33,3%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas empat SDN Ngino II Semanding. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari empat tahap yaitu, rencana (Planning), observasi (Observation), tindakan (Action), refleksi (Reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes dan dokumentasi dengan instrumen lembar tes dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah, menghitung nilai ketuntasan kriteria individu dan persentase hasil secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia dilihat mulai data pada pra siklus mencapai 33,33% hal ini berarti dari 24 orang siswa sebanyak 8 orang siswa nilainya sudah mencapai kriteria, sedangkan pada siklus I kemampuan menulis puisi siswa mencapai 62,5% hal ini berarti dari 24 orang siswa sebanyak 15 siswa yang mendapatkan nilai sesuai kriteria dan kemampuan menulis puisi pada siklus IIdengan persentase sebesar 83,33% hal ini berarti dari 24 orang siswa sebanyak 20 siswa nilainya sudah mencapai kriteria. Adapun peningkatan yang didapat pada siklus I ke siklus II sebesar 20,83%. Hal ini menunjukkan bahwa metode lipirtup dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode lipirtup, Kemampuan menulis puisi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:28
Last Modified: 21 Jun 2023 07:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item
View Item