Peningkatan hasil belajar subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku melalui model mind mapping

Parindra, Mismoyo and Tri, Murti and Esti, Untari (2019) Peningkatan hasil belajar subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku melalui model mind mapping. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1): 1. pp. 1-14. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Parindra Mismoyo_Universitas Negeri Malang_2019-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Parindra Mismoyo_Universitas Negeri Malang_2019-1.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa rendah disebabkan motivasi belajar rendah dan pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan variasi pembelajaran agar dapat tercapai hasil belajar yang maksimal. Jenis penelitian tindakan kelas dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas guru sebesar 100% kriteria sangat baik, aktivitas siswa sebesar 92,5% kriteria sangat baik dan hasil belajar yaitu aspek sikap terdapat 2 aspek tuntas, aspek keterampilan terdapat 32 siswa tuntas, dan aspek pengetahuan sebesar 90% kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan hasil belajar, Aktivitas siswa, Model mind mapping
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:11
Last Modified: 21 Jun 2023 08:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item
View Item