Pengembangan dan validasi instrumen analisis buku tematik-terpadu pada kurikulum 2013

Alia Nur Husna, Afandi and Kukuh Andri, Aka (2019) Pengembangan dan validasi instrumen analisis buku tematik-terpadu pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (2): 9. pp. 199-219. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_‘Alia Nur Husna Afandi_SDN 2 Besowo Kepung Kediri_2019-9.pdf]
Preview
Text
Jurnal_‘Alia Nur Husna Afandi_SDN 2 Besowo Kepung Kediri_2019-9.pdf - Published Version

Download (928kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pada artikel ini adalah untuk mengembangkan dan memvalidasi intrumen analisis buku tematik-terpadu yang mengacu pada kajian teori/variabel (1) karakteristik pembelajaran terpadu, (2) pendekatan saintifik, dan (3) prinsip buku ajar yang baik. Metode pada penelitian ini adalah; (1) mengkaji teori terkait pendekatan yang digunakan pada buku tematik-terpadu; (2) menyusun kisi-kisi intrumen yang terdiri dari variabel, sub variabel, dan indikator; (3) menyusun rubrik penskoran dan kriteria instrumen, (4) validasi kepada ahli; (5) perbaikan dan hasil akhir produk. Melalui kegiatan validasi ahli disimpulkan bahwa intrumen termasuk pada kategori yang valid dan dapat digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Instrumen, Analisis, Buku tematik-terpadu, Kurikulum 2013
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:10
Last Modified: 21 Jun 2023 07:10
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18407

Actions (login required)

View Item
View Item