Novi Nitya, Santi and Rosa Imani, Khan (2019) Pengaruh dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (2): 8. pp. 191-198. ISSN 2460-6324
Jurnal_Novi Nitya Santi_Universitas Nusantara PGRI Kediri_2019-8.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai gambaran motivasi belajar para siswa kelas III SD dan ada atau tidaknya pengaruh dari dukungan teman sebaya terhadap motivasi belajar para siswa kelas III SD tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan melibatkan 100 siswa kelas III dari SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri sebagai subyek penelitian. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Krusal-Wallis. Temuan dari penelitian ini antara lain: 1) Motivasi belajar siswa kelas III di SDN 1, 2 dan 3 Mojoroto Kota Kediri tergolong sedang karena mayoritas siswanya, yaitu 40% atau 40 siswa, memiliki motivasi belajar yang tergolong sedang, 2) Dukungan teman sebaya dapat dikatakan berpengaruh siginifikan terhadap motivasi belajar siswa (probabilitas (sig) < 0,05). Teman sebaya adalah orang di luar anggota keluarga (orang lain) yang memiliki keakraban dengan individu karena seringnya bertemu. Usia mereka relatif sama dan memiliki pemikiran yang sama sehingga menjadi lingkungan kelompok yang dirasa cocok untuk bersosialisasi. Seorang anak bisa memiliki motivasi belajar dan prestasi yang tinggi di sekolahnya jika ia merasa dihargai dan dihormati oleh teman-teman sebayanya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dukungan teman sebaya, Motivasi belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 07:13 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 07:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18406 |