Pengembangan assesment pembelajaran pada nilai karakter untuk menghadapi era Sustainable Development Goals

Kardiana Metha, Rozhana and Nila Kartika, Sari (2019) Pengembangan assesment pembelajaran pada nilai karakter untuk menghadapi era Sustainable Development Goals. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (2): 2. pp. 119-126. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Kardiana Metha Rozhana_Universitas Tribhuwana Tunggadewi_2019-2.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kardiana Metha Rozhana_Universitas Tribhuwana Tunggadewi_2019-2.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan yaitu menghasilkan produk assesment pembelajaran berdasarkan nilai-nilai karakter yang valid, terterap, dan terbaca. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model O’Malley & Pierce yang dikhususkan untuk mengembangan assesment pembelajaran yaitu : (1) membangun suatu tim, (2) menentukan tujuan, (3) menetapkan sasaran hasil, (4) melakukan pengembangan staf, (5) mengumpulkan contoh asessmen, (6) menyesesuaikan assesment yang ada atau mengembangkan baru, (7) uji coba assesment, dan (8) meninjau ulang assesment. Hasil validasi aspek karakter menunjukkan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi (93%), Hasil validasi aspek bahasa menunjukkan kriteria sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi (93,8%). Hasil uji keterterapan menunjukkan sangat baik dapat digunakan tanpa revisi (88,2%). Sedangkan uji keterbacaan menunjukkan kriteria sangat menarik (97,2%) sesuai konversi tingkat kevalidan yaitu hampir seluruh isi buku assesment mudah dipahami. Produk ini hanya teridiri dari masing-masing 4 nilai karakter yang dikembangkan dalam setiap pembelajaran, pengembangan ini disusun hanya pada tema 7 kelas IV SD.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Assesment pembelajaran, Nilai karakter, Era SDGs
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:46
Last Modified: 21 Jun 2023 01:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18400

Actions (login required)

View Item
View Item