Pengaruh strategi mind map dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang

Asih Rosnaningsih and Aidil SyahPutra and Ros Rizki Yanti (2019) Pengaruh strategi mind map dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Tangerang. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4 (2): 1. pp. 108-118. ISSN 2460-6324

[thumbnail of Jurnal_Asih Rosnaningsih_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2019-1.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Asih Rosnaningsih_Universitas Muhammadiyah Tangerang_2019-1.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran Mind Map terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif tipe Quasi-Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 50 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh sebanyak 50 siswa (25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas control). Instrumen dalam penelitian ini adalah test tulis. Semua data dihitung dengan menggunakan t-test formula. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan metode pembelajaran Mind Map memberikan perbedaan efek yang signifikan terhadap keterampilan menulis dalam pelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas VI SDN Buaran Bambu V Kota Tangerang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, Mind map, Keterampilan menulis
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:37
Last Modified: 21 Jun 2023 01:55
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item
View Item