Pola akumulasi Fe, K dan Mg oleh kultur Scenedesmus dimorphus pada variasi penambahan konsentrasi larutan campuran logam

Awalina Satya and Tjandra Chrismadha and Mey R.Widoretno (2008) Pola akumulasi Fe, K dan Mg oleh kultur Scenedesmus dimorphus pada variasi penambahan konsentrasi larutan campuran logam. In: Prosiding Seminar Nasional Limnologi IV, IPB International Convention Center, Bogor.

[thumbnail of Prosiding Seminar Nasional Limnologi_Awalina Satya_176-189_2008.pdf]
Preview
Text
Prosiding Seminar Nasional Limnologi_Awalina Satya_176-189_2008.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Perubahan iklim akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan alga yang menduduki tingkat primer pada rantai makanan untuk bertahan hidup. Tujuan eksperimen di laboratorium ini adalah mengamati trend pola bioakumulasi Fe,K dan Mg oleh kultur Scenedesmus dimorphus yang dibiakkan dalam Provasoli for Haematococcus Medium (PHM) dengan variasi penambahan volume larutan campuran logam berturut turut 1 mL, 5 mL, 10 mL dan 20 mL. Kultur alga ini dicuplik pada periode pemaparan hari ke 10, 20, dan 30 untuk penentuan biomassa, kepadatan sel, dan kandungan ketiga jenis logam tersebut baik padalarutan media tumbuh alga maupun pada matriks alganya. Pada tahap determinasi kandungan logam, setelah melewati proses sentrifugasi untuk pemisahan matriks sample, digesti dengan larutan aqua regia dilakukan terlebih dulu sebelum pengukuran dengan Zeeman background corrected-Graphite Furnace Atomic Absorption Spectrophotometer (GFAAS). Penentuan biomassa dilakukan secara gravimetric setelah penyaringan dengan GF/C, sementara kepadatan sel dilakukan dengan cara pengukuran absorbans pada λ400 nano meter. Nilai r 2 eksponensial tertinggi (0,9971 ; 0,9972 dan 0,9965) berturut-turut teramati pada bioakumulasi Mg dengan penambahan larutan campuran logam (LCL) sebanyak 20 mL ; K dan Fe dengan volume penambahan LCL 10 mL. Sebaliknya Bioakumulasi K dalam matriks sel alga cenderung memperlihatkan pola eksponensial yang paling jelas (kisaran r 2= 0,9169-0,9987) pada kesemua variasi penambahan LCL. Berbeda dengan Mg, hasil analisis pictorial menunjukkan persamaan pola pada K dan Fe yaitu berkurangnya bioakumulasi dan bertambahnya biomassa seiring dengan bertambahnya waktu pada semua variasi penambahan LCL.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Scenedesmus dimorphus, Climatic changes, Chemical compounds
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Materials Sciences > Nonferrous Metals & Alloys
Divisions: OR Kebumian dan Maritim > Limnologi_dan_Sumber_Daya_Air
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 24 Jul 2023 02:04
Last Modified: 24 Jul 2023 05:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item
View Item