Agus Yudianto and Meddy Nurpratama (2022) Pendampingan strategi pemasaran berbasis web dan pengembangan usaha dengan metode bisnis model canvas (BMC) pada UMKM Koja Desa Kongsi Jaya Indramayu. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (11). pp. 3873-3885. ISSN 2615-0921
Jurnal_Agus Yudianto_Universitas Wiralodra Indramayu_2022-16.pdf
Download (332kB) | Preview
Abstract
UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu merupakan usaha kecil menengah yang bergerak dibidang home industry dengan memproduksi bumbu instan khas Timur Tengah diantaranya bumbu briyani dan bumbu kebuli. UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini beralamat di Gg Purbaya RT/RW 001/003 Desa Kongsijaya Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu yang merupakan desa binaan dari Bank Indonesia yang didampingi oleh ibu Darwinah selaku pelopor usaha kecil menengah (UKM) di Indramayu dengan program, program kemandirian pekerja migram Indonesia purna dan TKI. Program ini merupaka program pilot project dan Bank Indonesia (BI)untuk membina dan melahirkan UKM-UKM baru di Indramayu. Tujuan dari pengabdian ini adalah Perkembangan teknologi dan strategi sangat diperlukan oleh usaha kecil dan menengah dengan sebut UMKM dengan persaingan yang semakn tinggi maka merupakan salah satu pembelajaran berupa pemberian pendampingan dan pengalaman belajar yang berhubungan langsung dengan masyarakat khususnya dunia usaha, sehingga diharapkan dapat mengidentifikasi permasalahan dan mengatasinya. Setelah kami melakukan analisis terhadap UKM KOJA IM Kongsijaya Indramayu ini belum miliki laporan keuangan bahkan mereka masih menggunakan laporan yang manual hanya melakukan pencatatan atas pembelian serta pendapatan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Berbasis WEB, Bisnis Model Canvas |
Subjects: | Urban & Regional Technology & Development > Economic Studies |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 22 Jun 2023 05:48 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 05:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18318 |