Irwan, Yusuf (2022) Lembar kerja peserta didik jawaban alasan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Jurnal praktik baik pembelajaran sekolah dan pesantren, 1 (1): 3. pp. 15-27. ISSN 2962-5785
Jurnal_Irwan Yusuf_Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta_2022.pdf
Download (501kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan proses pembelajaran fisika melalui Model Inkuiri Semi Terbimbing dengan Lembar Kerja Peserta Didik Jawaban Alasan (LKPDJA) dan mengetahui tingkat keberhasilan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui Model Inkuiri Semi Terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 31 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan pemberian tes. Hasil pembelajaran fisika dengan Model Inkuiri Semi Terbimbing dapat diterapkan dengan menggunakan LKPDJA secara berintegrasi menyeluruh. Pembelajaran konsep fisika secara inkuiri tidak diajarkan terpisah-pisah antara jawaban dan alasan, tapi terintegrasi secara menyeluruh sehingga aktivitas kerjasama yang terbangun adalah kerjasama untuk tujuan bersama menghasilkan pemahaman konsep fisika terbaru.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindakan kelas, Penemuan terbimbing, Jawaban dan alasan, Madrasah |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 03:59 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 03:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18269 |