Pembelajaran bahasa arab berbasis kurikulum merdeka di Pondok Pesantren

Mohammad, Djaelani (2022) Pembelajaran bahasa arab berbasis kurikulum merdeka di Pondok Pesantren. Jurnal praktik baik pembelajaran sekolah dan pesantren, 1 (1): 2. pp. 7-14. ISSN 2962-5785

[thumbnail of Jurnal_Mohammad Jailani_SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Mohammad Jailani_SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta_2022.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Merdeka Belajar merupakan konsep pembelajaran yang mengarah kepada santri yang lebih mandiri. Konsep ini masih belum diterima dengan baik oleh pengelola pesantren. kajian ini bertujuan menganalisis isu-isu merdeka belajar di pesantren dengan subjek pondok pesantren Babul Ulum Pamekasan, Madura. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis studi kasus.. Responden penelitian ini adalah ustadz dan satri. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan teknik triangulasi (display, reduksi, penyajian, dan verifikasi data). Hasil penelitian merupakan gambaran implementasi merdeka belajar di pondok pesantren baik pada tingkat madrasah diniyah, madrasah takwiliyah, madrasah tsanawiyah, maupun madrasah aliyah. Pendidikan yang diajarkan di pesantren mengarah dua sistem. Pengembangan pembelajaran berbasis platform digital dan belajar yang merespons kebutuhan santri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Merdeka belajar, Bahasa Arab, Internet, Pesantren, Kitab kuning
Subjects: Language > Linguistics
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:25
Last Modified: 21 Jun 2023 01:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18267

Actions (login required)

View Item
View Item