Pemanfaatan edmodo dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi

Ngadinem (2022) Pemanfaatan edmodo dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi. Jurnal praktik baik pembelajaran sekolah dan pesantren, 1 (1): 1. pp. 1-6. ISSN 2962-5785

[thumbnail of Jurnal_Ngadinem_SMAN 6 Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ngadinem_SMAN 6 Yogyakarta_2022.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ada banyak media pembelajaran berbasis internet salah satunya adalah Edmodo. Edmodo dituntut oleh siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar baik di ruang kelas maupun di luar kelas. SMA Negeri 6 Yogyakarta merupakan sekolah yang telah terbiasa dengan pembelajaran berbasis internet, salah satunya Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X MIPA 8 di SMA Negeri 6 Yogyakarta berbantuan Edmodo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 26 siswa pada materi Impuls Momentum. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah fisika dari kondisi awal 59,23 menjadi 65,96 pada siklus ke-1 dan meningkat menjadi 71,73 pada siklus ke-2. Peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik dari kondisi awal 3,14 menjadi 3,46 pada siklus ke-1 dan meningkat 3,51 pada siklus ke-2. Penggunaan Edmodo dapat meningkatkan keterampilan pemecahan fisika dan kemampuan komunikasi siswa

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-learning, Edmodo, Keterampilan, Pemecahan masalah Kemampuan komunikasi
Subjects: Communication > Communication & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 20 Jun 2023 06:14
Last Modified: 21 Jun 2023 02:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18265

Actions (login required)

View Item
View Item