Pengaruh penerapan media UnoMath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa

Asep Robiana and Hendri Handoko (2020) Pengaruh penerapan media UnoMath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 2020. pp. 522-532. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_521-532_2086-4280_15.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_521-532_2086-4280_15.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi matematis dan kemandirian belajar merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh siswa dan merupakan bagian esensial dari matematika. Masih rendahnya kemampuan matematis dan kemandirian belajar siswa di lapangan, guru harus mengupayakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran yang dapat memberikan peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa, salah satu media pembelajaran tersebut yaitu media UnoMath. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan media UnoMath terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group, penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Rajagaluh, kelas VIII A sebanyak 21 orang dan VIII C sebanyak 31 orang sebagai sampel, dengan instrumen tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t dengan berbantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:46
Last Modified: 13 Jul 2023 04:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18236

Actions (login required)

View Item
View Item