Asri Muslim Sanusi and Ari Septian and Sarah Inayah (2020) Kemampuan berpikir kreatif matematis dengan menggunakan education game berbantuan android padabarisan dan deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 14. pp. 511-520. ISSN 2086-4280
9_3_2020_511-520_2086-4280_14.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu karena masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bantuan media pembelajaran education game yang juga sebagai alternatif solusi permasalahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent group pretest-postest design menjadi metode penelitian ini. Instrumen tes berbentuk essai tentang literasi matematis, berupa pretest dan posttest. Seluruh siswa kelas XI MAN 1 Cianjur pada tahun ajaran 2019/2020 menjadi populasinya, sedangkan sampelnya dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan menggunakan education game berbantuan android dan XI MIPA 3 sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Hasilnya, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan education game berbantuan android lebih baik dibandingkan dengan peningkatan pada siswa dengan pembelajaran biasa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Lukman Budiman |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 04:39 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 04:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/18235 |