Pengembangan soal statistika model PISA untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa

Nielda Junika and Nur Izzati and Linda Rosmery Tambunan (2020) Pengembangan soal statistika model PISA untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 13. pp. 499-510. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_499-510_2086-4280_13.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_499-510_2086-4280_13.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian prestasi matematika siswa di Indonesia masih rendah, terlihat dari hasil studi PISA pada tahun 2015. Salah satu faktornya dikarenakan siswa kurang terlatih menyelesaikan soal berkarakteristik seperti soal PISA. Dibutuhkan suatu pengembangan soal yang mampu memberi ruang pada siswa untuk melatih kemampuan literasi matematis yang salah satunya yaitu kemampuan literasi statistika. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan soal statistika model PISA yang berkualitas untuk melatih kemampuan literasi statistika siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan Model 4D (Four D). Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VIII (8) B SMP Negeri 1 Bintan tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen untuk mengukur kevalidan soal dan lembar hasil uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data hasil validasi soal dan hasil uji coba. Penelitian ini menghasilkan tujuh (7) butir soal yang berkualitas yaitu valid, reliabel, daya pembeda dan tingkat kesukaran yang baik. Soal ini mampu menarik minat, memotivasi dan memberikan stimulus kepada subjek uji coba untuk memunculkan kemampuan literasi statistika siswa.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:30
Last Modified: 13 Jul 2023 04:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18234

Actions (login required)

View Item
View Item