Profil kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga berdasarkan teori Van Hielle

Viyang Firnanda and Fika Widya Pratama (2020) Profil kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga berdasarkan teori Van Hielle. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 12. pp. 487-498. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_487-498_2086-4280_12.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_487-498_2086-4280_12.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa yang rendah pada materi segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi segitiga berdasarkan Teori Van Hiele. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen utama adalah peneliti itu sendiri, dibantu instrumen pendukung yang terdiri dari 3 soal tes berupa soal uraian sesuai dengan indikator Van Hiele dan pedoman wawancara yang semi terstruktur.Teknik analisis data menggunakan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 13 November sampai 14 Desember 2019 semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian sebanyak 3 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga dengan hasil belajar matematika tinggi, sedang, dan rendah.Data yang terkumpul dianalisis menggunakan tahap berpikir Van Hiele. Hasil penelitian ini menemukan bahwa siswa dengan hasil belajar matematika tinggi mencapai tahap 0 (visualisasi). Siswa dengan hasil belajar matematika sedang mampu mencapai tahap 1 (analisis). Siswa dengan hasil belajar matematika rendah mencapai tahap 0 (visualisasi). Kesimpulan penelitian ini adalah tahap berpikir Van Hiele pada setiap siswa berbeda-beda berdasarkan kemampaun pemecahan yang dimiliki setiap siswa.

Item Type: Article
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:13
Last Modified: 13 Jul 2023 04:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18233

Actions (login required)

View Item
View Item