Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika

Erik Suharyono and R. Rosnawati (2020) Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9 (3): 9. pp. 451-462. ISSN 2086-4280

[thumbnail of 9_3_2020_451-462_2086-4280_9.pdf]
Preview
Text
9_3_2020_451-462_2086-4280_9.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Literasi matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika sehingga perlu termuat dalam buku teks matematika sebagai sumber utama belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis soal-soal pada buku teks pelajaran matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 ditinjau dari literasi matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik pengkodean, dan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 408 soal yang dianalisis, terdapat 49,26% soal serupa dengan soal-soal pada PISA. Proporsi konteks didominasi oleh konteks umum dengan persentase 42,29%. Aspek proses didominasi oleh proses menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran dengan persentase 66,17%. Selanjutnya, Level kompetensi matematika PISA didominasi oleh level 2 dengan persentase 52,74% dan level 1 dengan persentase 39,80%. Kurang dari 10% untuk level 3 sampai 6. Hal tersebut berarti bahwa soal-soal pada buku teks hanya mampu melatih peserta didik di level 2 kompetensi matematika PISA. Diperlukan sumber belajar lainnya yang dapat melengkapi kekurangan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: textbook, mathematics literacy, PISA
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Lukman Budiman
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:54
Last Modified: 30 Aug 2023 07:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item
View Item