Isolasi Bakteri Asam Laktat (BAL) dari saluran pencernaan belut sawah (Monopterus albus) dan uji antagonis bakteri untuk menghambat bakteri patogen Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp.

Rudi Alfinda and Iesje Lukistyowati and Henni Syawal and Iskandar Putra (2022) Isolasi Bakteri Asam Laktat (BAL) dari saluran pencernaan belut sawah (Monopterus albus) dan uji antagonis bakteri untuk menghambat bakteri patogen Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 27 (3): 20. pp. 412-420. ISSN 0853-7607

[thumbnail of Jurnal_Rudi Alfinda_Universitas Riau_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rudi Alfinda_Universitas Riau_2022.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Bakteri Asam Laktat (BAL) Merupakan salah satu bakteri pembentuk probiotik yang memiliki karakteristik, yaitu mampu memfermentasikan gula atau karbohidrat dan menghasilkan asam laktat sebagai produk akhir dari hasil fermentasi. Tujuan dari penelitian ini untuk memperoleh isolat bakteri asam laktat dari saluran pencernaan belut sawah (Monopterus albus) dan mengetahui daya hambat yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat tersebut dalam menghambat bakteri patogen seperti Aeromonas hydrophila dan Pseudomonas sp. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan mengambil saluran pencernaan belut sawah kemudian mengidentifikasi bakteri asam laktat tersebut dan karakteristik secara morfologi dan biokimia. Selanjutnya melakukan pengujian Antagonis terhadap bakteri patogen A.hydrophila dan Pseudomonas sp. menggunakan metode cakram kirby bauer (metode cakram). Dari hasil penelitian diperoleh 5 jenis kandidat bakteri asam laktat dengan masing-masing kode BL121, BL263, BL142, BL242 dan BL342. Kelima isolat Bakteri asam laktat mampu menghambat A.hydrophila dan Pseudomonas sp. dengan rentang daya hambat 8-16 mm. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat ketiga isolat memiliki daya hambat terhadap bakteri A.hydrophila (12-16 mm) dan Pseudomonas sp (11-13 mm) dengan kode BL121, BL263 dan BL142 dan tergolong kuat. Hasil identifikasi yang diperoleh adalah bakteri dari genus Bacillus sp.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Belut sawah, Bakteri patogen, Uji antagonis, Bakteri asam laktat
Subjects: Medicine & Biology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:45
Last Modified: 19 Jun 2023 13:13
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item
View Item