Pengaruh terapi religiusitas terhadap gejala depresi pada lansia beragama Islam di UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werdha Natar Lampung Selatan tahun 2017

Rahma Elliya and Indra Maulana and Meliana Hidayati Pengaruh terapi religiusitas terhadap gejala depresi pada lansia beragama Islam di UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werdha Natar Lampung Selatan tahun 2017. Holistik: Jurnal Kesehatan, 12 (2): 8. pp. 118-125. ISSN 1978-3337

[thumbnail of Jurnal_Rahma Elliya_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2018.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rahma Elliya_Universitas Malahayati Bandar Lampung_2018.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Pendahuluan : Depresi merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi di kalangan lansia. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werdha Natar Lampung Selatan, dari 20 lansia terdapat 12 lansia yang menunjukkan gejala depresi (60%) dengan skor GDS > 9. Penatalaksanaan untuk menurunkan depresi dapat dilakukan dengan dua tindakan yaitu farmakologi dan non farmakologi. Terapi saat ini yang mulai berkembang didunia adalah terapi psikoreligius, salah satu contoh terapi ini adalah terapi dzikir.
Tujuan : dari penelitian ini adalah diketahui pengaruh terapi religiusitas terhadap gejala Depresi pada Lansia Beragama Islam di UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werdha Natar Lampung Selatan Tahun 2017.
Metode : Jenis penelitian kuantitatif, dengan rancangan survey analitik dengan pendekatan quasi eksperimen dengan one group pretest – posttest design. Populasi penelitian adalah semua lansia beragama Islamdi UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werda Natar Lampung Selatan dan di skrening menggunakan MMSE (Mini Mental State Examintion) dan didapatkan sampel sebanyak 29 responden. Responden dilakukan terapi religiusitas dan dilihat gejala depresinya dengan menggunakan kuesioner Geriatric Depression Scale (GDS). Analisa statistik yang digunakan yaitu uji T Dependen.
Hasil : penelitian menunjukkan rata-rata Skor Gejala Depresi Sebelum Terapi Religiusitas mean 15,9 dengan standar deviasi 1,79. Rata - rata Skor Gejala Depresi Sesudah Terapi Religiusitas mean 12.76 dengan standar deviasi 2,28. Kesimpulan : Ada pengaruh terapi religiusitas terhadap gejala depresi pada Lansia Beragama Islam di UPTD Pelayanan Sosial Tresna Werdha Natar Lampung Selatan Tahun 2017 (p value 0,000). Saran bagi Panti sebagai tempat dilakukan penelitian sudah bagus dalam mengadakan kegiatan-kegiatan kerohanian, mungkin lebih dimodifikasi agar lansia tidak merasa cepat merasa bosan. Panti juga bisa melakukan pendekatan spiritualitas untuk mengurangi angka depresi dengan cara mendampingan lansia dari segi spritualitas dan bekerjasama dengan yayasan-yayasan keagamaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Psycho-religious therapy; depressive symptoms; Moslem elderly living institutions
Subjects: Medicine & Biology > Physiology
Medicine & Biology > Psychiatry
Medicine & Biology > Stress Physiology
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 20 Jun 2023 08:16
Last Modified: 20 Jun 2023 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item
View Item