Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang rawat inap Medang RSUD Sekayu tahun 2021

Hernita, Hernita and Yusnilasari, Yusnilasari and Hanik Khairun, Nisa (2022) Hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang rawat inap Medang RSUD Sekayu tahun 2021. Jurnal Kesehatan Bina Husada (Health Journal of Bina Husada), 14 (3): 3. pp. 86-90. ISSN 1829-9377

[thumbnail of Jurnal_Hernita_RSUD Sekayu_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hernita_RSUD Sekayu_2022.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit sangatlah penting, karena mempengaruhi kepuasan pasien. Berdasarkan kunjungan pasien di RSUD Sekayu tingkat kepuasan pasien pada tahun 2020 sebesar 83,33% mengalami penurunan dibandingakan tahun 2019 sebesar 7 % yang artinya mutu pelayanan di rumah sakit juga masih belum maksimal.Diketahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap medang RSUD Sekayu.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan survei analitik, pendekatan cross sectional, populasi penelitian ini berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simpel random sampling dengan besar sampel 60 responden sesuai kriteria inkulsi-eksklusi. Uji Kendall Tau yang digunakan dalam analisis penelitian ini. Hasil didapatkan reponden yang paling banyak dengan mutu pelayanan dimensi reliability baik sebanyak 47 responden (78,3%), assurances kategori baik sebanyak 51 responden (85%), dimensi tangible kategori baik sebanyak 49 responden (81,7%), dimensi emphaty kategori baik sebanyak 45 responden (75%) dan dimensi responsiviness kategori baik sebanyak 45 responden (75%). Hasil uji Kendall Tau didapatkan ada hubungan antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang medang RSUD Sekayu (p= 0,000). Ada hubungan antara mutu pelayanan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang medang RSUD Sekayu (p= 0,000). Diharapkan kepada petugas kesehatan rumah sakit untuk meningkatkan dan memperbaiki semua kualitas dimensi mutu pelayanan kesehatan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan, Kepuasan pasien
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 14 Jun 2023 11:54
Last Modified: 14 Jun 2023 11:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/18015

Actions (login required)

View Item
View Item