Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran active learning tipe role reversal question pada pelajaran PKN Kelas X IPA 2 SMAN 4 Kupang

Puji, Rahayu (2021) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran active learning tipe role reversal question pada pelajaran PKN Kelas X IPA 2 SMAN 4 Kupang. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 10. pp. 67-74. ISSN 2962-4541

[thumbnail of Jurnal_Puji Rahayu_SMAN 4 Kupang_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Puji Rahayu_SMAN 4 Kupang_2021.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Model Pembelajaran Active learning atau pembelajaran aktif merupakan model pembelajaran yang mengacu pada tujuan pembelajaran, melibatkan siswa, menggunakan seni, gerakan dan panca indera serta langkah dan kegiatan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatan hasil belajar PKn dengan menggunakan model active learning tipe role reversal question pada siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Adapun indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan ≥75% dari jumlah siswa yang mengikuti proses pembelajaran telah memperoleh nilai ≥75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas X IPA 2 SMA Negeri 4 Kupang setelah menggunakan model active learning tiperole reversal question baik pada siklus I maupun siklus II. Pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥75 mengalami peningkatan sebesar 25% dengan kondi siawal 44% meningkat menjadi 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 28% menjadi 97%. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 7,3% dengan kondisi awal 70,89 meningkat menjadi 78,19 dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 11,39% menjadi 88,58.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Active learning tipe role reversal question
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:39
Last Modified: 13 Jun 2023 07:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17973

Actions (login required)

View Item
View Item