Penerapan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kupang

Melyati, Robert (2021) Penerapan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kupang. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 8. pp. 49-58. ISSN 2962-4541

[thumbnail of Jurnal_Melyati Robert_SMAN 1 Kupang_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Melyati Robert_SMAN 1 Kupang_2021.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Hasil Belajar ini merupakan upaya dalam penerapan metode index card match untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Rumusan penelitian ini adalah apakah penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi materi: Mengklasifikasikan ketenagakerjaan pada siswa kelas kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020?. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan melalui tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II, dan siklus III, tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu: 1) Planning, 2) Acting, 3) Observing, dan 4) Reflecting. Adapun metode pengumpulan data digunakan meliputi tes pilihan ganda, uraian, lembar pengamatan, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar Ekonomi materi Mengklasifikasikan ketenagakerjaan. Nilai yang tidak memenuhi KKM pada`pra-siklus (58,62%), setelah menggunakan penerapan metode index card match pada siklus 1 menjadi (51,72%), dan siklus II menjadi (17,42%), dan siklus III menjadi (0%) dan ketuntasan belajar Ekonomi dapat dilihat dari rata-rata hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pra-siklus (52,8), siklus I menjadi (59,7), siklus II menjadi (74,5), dan siklus III menjadi (83,1). Jadi, dari pra siklus ke siklus III nilai rata-rata hasil belajar meningkat sebesar 30,8. Untuk angka ketuntasan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I naik menjadi 14 anak atau sebesar 48,28% dan menjadi 24 anak pada siklus II atau sebesar 82,76%. Dan angka ketuntasan belajar pada siklus II sebanyak 20 anak atau sebesar 82,76% menjadi 29 anak atau sebesar 100% pada siklus III atau naik sebanyak 5 anak atau 17,24%. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus ke siklus III meningkat sebesar 58,62% atau sebanyak 17 anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode index card match, Hasil belajar ekonomi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:08
Last Modified: 13 Jun 2023 08:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item
View Item