Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Taibenu

Kamaludin Ratu (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Taibenu. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 6. pp. 37-43. ISSN 2962-4541

[thumbnail of Jurnal_Kamaludin Ratu_SMAN 1 Taibenu_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kamaludin Ratu_SMAN 1 Taibenu_2021.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan keaktifan belajar PKn siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Taibenu menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Taibenu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, angket respon siswa, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk keaktifan belajar siswa adalah 75.00 % peserta didik terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan keaktifan belajar PKn siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Taibenu. Rata-rata keaktifan belajar PKn siswa pada pra siklus hanya mencapai 55,71%. Setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siklus I rata-rata keaktifan belajar PKn siswa mencapai 69,95 % dan pada siklus II meningkat menjadi 78,93%. Rata-rata pengisian angket respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw tiap indikator keaktifan belajar siswa pada siklus I mencapai 90,76% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,24%. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis pada penelitian diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, Jigsaw, Keaktifan belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 16 Jun 2023 06:41
Last Modified: 16 Jun 2023 08:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17965

Actions (login required)

View Item
View Item