Hubertus, Kapur (2021) Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) untuk meningkatkan motivasi belajar biologi siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tasifeto Barat. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 4. pp. 18-25. ISSN 2962-4541
Jurnal_Hubertus Kapur_SMAN 1 Tasifeto Barat_2021.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penilitian deskripsi kualitatif dengan subyeknya adalah peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tasifeto Barat tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran ATI secara umum dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa. Hal ini diketahui dari perangkat pembelajaran ATI, lembar observasi pembelajaran ATI dan hasil pengisian angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa model pembelajaran ATI yang diterapkan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tasifeto Barat cukup efektif untuk meningkatkan motivasi dalam belajar Biologi. Hal ini ditanda dengan peserta didik mulai tekun dalam menghadapi tugas biologi, ulet dalam menghadapi kesulitan belajar biologi, menunjukan minat terhadap berbagai masalah, mempertahankan pendapat dan tidak mudah melepaskan sesuatu yang diyakini, dan mandiri dalam bekerja atau belajar biologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran ATI, Motivasi belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 05:39 |
Last Modified: | 16 Jun 2023 05:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17961 |