Aprianus, Talan (2021) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAK di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soe. Kolaborasi: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, 2 (1): 1. pp. 1-5. ISSN 2962-4541
Jurnal_Aprianus Talan_SMAN 1 Soe_2021.pdf - Published Version
Download (392kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan, guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soe dalam pembelajaran PAK melalui model kooperatif tipe STAD. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui model kooperatif tipe STAD menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Soe. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 22 dengan kriteria baik, Siklus II dengan skor 27 dengan kriteria baik. (2) Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 16 dengan kriteria baik, siklus II diperoleh skor 19 dengan kriteria baik. (3) Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus I pertemuan I sebesar 31% dan siklus I pertemuan II 62%. Pada siklus II pertemuan I sebesar 69% dan siklus II pertemuan II sebesar 80%. Simpulan penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar pada pembelajaran PAK. Saran adalah guru dapat menggunakan model kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada mata pelajaran lain dan kelas lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, PAK, Kooperatif tipe STAD |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:41 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17953 |