Dina, Amalia and Dwi Prasetiyawati Diyah, Hariyanti (2022) Analisis nilai karakter dalam kegiatan bermain peran anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 7. pp. 73-88. ISSN 2962-3065
Jurnal_Dina Amalia_Universitas PGRI Semarang_2022.pdf - Published Version
Download (644kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam mensukseskan Indonesia Emas 2025. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan bermain peran di TK Islam Hidayatullah Semarang kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 18 nilai karakter dapat terintegrasi dalam kegiatan bermain peran, karena pentingnya penanaman nilai karakter sejak dini yang harus diterapkan dalam pembelajaran secara kontinu. Dampak dari penelitian analisis nilai karakter dalam bermain peran berupa pengembangan 18 nilai karakter yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain peran, Nilai karakter |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:37 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:37 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17936 |