Analisis nilai karakter dalam kegiatan bermain peran anak usia dini

Dina, Amalia and Dwi Prasetiyawati Diyah, Hariyanti (2022) Analisis nilai karakter dalam kegiatan bermain peran anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 7. pp. 73-88. ISSN 2962-3065

[thumbnail of Jurnal_Dina Amalia_Universitas PGRI Semarang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dina Amalia_Universitas PGRI Semarang_2022.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter kini memang menjadi isu utama pendidikan, selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa, pendidikan karakter ini pun diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam mensukseskan Indonesia Emas 2025. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan bermain peran di TK Islam Hidayatullah Semarang kelompok B. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 18 nilai karakter dapat terintegrasi dalam kegiatan bermain peran, karena pentingnya penanaman nilai karakter sejak dini yang harus diterapkan dalam pembelajaran secara kontinu. Dampak dari penelitian analisis nilai karakter dalam bermain peran berupa pengembangan 18 nilai karakter yang dapat diaplikasikan dalam kegiatan sehari-hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bermain peran, Nilai karakter
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:37
Last Modified: 12 Jun 2023 06:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item
View Item