Muniroh, Munawar (2022) Penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka pada pendidikan anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 6. pp. 65-72. ISSN 2962-3065
Jurnal_Muniroh Munawar_Universitas PGRI Semarang_2022.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan; (1) pengertian komite pembelajaran; (2) bentuk bentuk pelibatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD; (3) tugas-tugas komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD; (4) bagaimana penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research. Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data didapatkan hasil, yaitu: (1) Komite pembelajaran adalah sebuah tim di tingkat satuan Pendidikan yang terdiri dari pengawas sekolah, sepala sekolah, dan guru-guru yang dipilih oleh kepala sekolah. Unsur dalam komite Pembelajaran di PAUD adalah kepala satuan Pendidikan, pengawas/penilik, dan 2 pendidik. Perwakilan guru untuk komite pembelajaran akan dipilih oleh kepala sekolah yang menyelenggarakan program sekolah penggerak; (2) Peran komite pemebalajaran adalah menyelenggarakan in-house training, menganalisis kebutuhan belajar guru dan menggerakkan komunitas praktisi di sekolahnya, memfasilitasi pertemuan rutin setiap bulan untuk proses perencanaan pembelajaran bagi guru PAUD. Berdasarkan permasalahan di atas, lalu bagaiamana penguatan komite pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka di PAUD.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komite pembelajaran, Kurikulum merdeka, Pendidikan anak usia dini |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:34 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17935 |