Persepsi orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini

Imam, Azro’i and Atikah Triyani, Simamora (2022) Persepsi orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 5. pp. 57-64. ISSN 2962-3065

[thumbnail of Jurnal_Imam Azro’i_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Imam Azro’i_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati_2022.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana persepsi orang tua tentang pendidikan seks untuk anak usia dini dan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua tentang pendidikan seks untuk anak usia dini di dusun Sri Mulyo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan analisa induktif. Data dikumpulan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah;pertama, orang tua menganggap bahwa pendidikan seks untuk anak usia dini penting untuk diajarkan agar anak-anak dapat menjaga privasi dari tubuhnya sendiri, membiasakan hal positif sejak kecil, mengajarkan anak apakah dia dalam ancaman atau bahaya, dan agar anak ketika dewasa bisa bisa mengetahui positif dan negatif dari seks, sehingga bisa memposisikan dirinya agar lebih berhati-hati.Kedua, terdapat dua faktor yang mempengaruhi persepsi orang tua tentang pendidikan seks bagi anak usia dini yaitu, pengalaman yang diperoleh orang tua, faktor lingkungan, faktor ekonomi, dan faktor pendidikan dan pengetahuan orang tua tentang pendidikan seks anak usia dini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi orang tua, Pendidikan seks, Anak usia dini
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 12 Jun 2023 06:26
Last Modified: 12 Jun 2023 06:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item
View Item