Nia Lailin, Nisfa and Farah Kamelia Ali, Putri (2022) Pembelajaran sains inquiry pada anak usia dini. Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1): 3. pp. 29-42. ISSN 2962-3065
Jurnal_Nia Lailin Nisfa_Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati_2022.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan kemampuan sains inquiry anak pada saat memecahkan masalah sederhana dalam proses pembelajaran. Dalam pembelajaran kurikulum 2013 kegiatan belajar mengajar mengutamakan pengembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Library Research. Hasil PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2015, menunjukan bahwa kemampuan anak Indonesia pada usia 15 tahun di bidang matematika, science, dan membaca masih tergolong rendah dibandingkan dengan anak – anak lain di dunia. Hal ini dapat diartikan bahwa banyak proses pembelajaran yang kurang mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pembelajaran sains inquiry merupakan sebuah proses pembelajaran yang harus melibatkan anak di dalamnya. Anak-anak diajarkan untuk menemukan pertanyaan-pertanyaan esensi, menyelidiki secara mendalam, membangun pemahaman, makna dan pengetahuan baru. Peran guru dalam pembelajaran science inquiry adalah memberi rangsangan agar anak aktif dan bergairah berpikir, menunjukan jalan keluar jika anak mengalami kesulitan, mengenalkan masalah yang berkaitan dengan topik yang akan dibahas, dan meminta anak membuktikan atau menjelaskan hipotesis yang mereka buat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Sains inquiry, Anak usia dini |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rulina Rahmawati |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:19 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:19 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17932 |