Iriani Astuti and Endra Putra Raharja and Asrul (2022) Pop-up book untuk mendorong minat belajar peserta didik kelas V. Jurnal Genesis Indonesia (JGI), 1 (1): 5. pp. 33-41. ISSN 2962-5750
Jurnal_Iriani Astuti_Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong_2022.pdf
Download (652kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran pop-up book terhadap minat belajar peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Majaran. Pada penelitian ini, penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen, dengan desain Pre-Exsperimental Design yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelompok eksperimen dan tidak memiliki kelompok kontrol.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong yang berjumlah 56 peserta didik dengan sampel kelas V yang berjumlah 12 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik non tes dengan instrumen yang digunakan yaitu angket pernyataan minat belajar, lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, RPP, media pembelajaran Pop-Up Book dan dokumentasi. Dari analisis data diperoleh uji normalitas Shapiro Wilk yaitu 0,145 untuk pre-test dan 0,162 untuk post-test. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa bahwa persentase nilai mean statistik adalah 60,4323 dan nilai tersebut berada dalam kategori cukup efektif (rentang nilai 56-75). Hasil data uji One Sampel t-Test menunjukkan bahwa nilai T yaitu 5,217 dengan df yaitu 11 yang berarti terdapat pengaruh positif media pembelajaran Pop-Up Book terhadap minat belajar peserta didik pada materi perubahan wujud benda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop-up Book ; Minat Belajar ; Pembelajaran IPA |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Dina - |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 09:58 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 09:58 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17896 |