Experiment science sebagai pengganti tontonan televisi

Yunita Sapta Rachmah and Putri Roja Syahfitri and Yulika Rahmawati and Monica Merry Febriyana and Indica Yona Okyranida (2022) Experiment science sebagai pengganti tontonan televisi. Jurnal Genesis Indonesia (JGI), 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2962-5750

[thumbnail of Jurnal_ Yunita Sapta Rachmah_Universitas Indraprasta PGRI Jakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_ Yunita Sapta Rachmah_Universitas Indraprasta PGRI Jakarta_2022.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Di Rumah Belajar Indonesia Kreatif ditemukan banyak anak-anak di sana yang tidak dapat merasakan bangku sekolah. Program ini bertujuan untuk mengurangi dampak anak-anak menonton acara televisi yang kurang baik. Dalam konsep experiment science experience di Rumah Belajar Indonesia Kreatif adalah dengan membuat video animasi dalam bentuk 2D yang telah di-upload di YouTube. Pada pembuatan video animasi menggunakan aplikasi Kinemaster, komputer dan hard disk. Pembuatan video animasi eksperimen untuk pelaksanaan pengabdian ini terdapat 10 judul yang telah diunggah ke YouTube, sehingga siswa dapat mengaksesnya secara daring di rumah masing-masing. Video animasi eksperimen dibuat dengan tampilan menarik dan disertai penjelasan ilmiah dan teoritis. Sehingga peserta didik mendapatkan penjelasan konsep. Dengan adanya video animasi eksperimen diperoleh dari data angket yang diberikan pada siswa sebelum pelaksaan pengabdian diperoleh 78% siswa suka menonton televisi dan 22% menyukai eksperimen sains. Setelah dilaksanakan pengabdian ini terjadi perubahan 85% anak menyukai eksperimen fisika dan 25% anak menyukai menonton televisi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Eksperimen Sains ; Minat Belajar ; Tontonan Televisi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:34
Last Modified: 15 Jun 2023 09:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17892

Actions (login required)

View Item
View Item