Peningkatan kualitas sekolah melalui supervisi pendidikan

Rini, Wahyuningsih and Ermayanti, Ermayanti (2022) Peningkatan kualitas sekolah melalui supervisi pendidikan. Buletin edukasi Indonesia, 1 (1): 3. pp. 13-18. ISSN 2962-5742

[thumbnail of Jurnal_Rini Wahyuningsih_SMAN 1 Kalibawang Kulonprogo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rini Wahyuningsih_SMAN 1 Kalibawang Kulonprogo_2022.pdf

Download (398kB) | Preview

Abstract

Dalam peningkatan kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan terus menerus. Potensi sumber daya guru itu perlu terus menerus tumbuh dan berkembang agar dapat melakukan fungsinya secara profesional. Dengan demikian supervisi menjadi hal yang penting. Tujuan kajian ini adalah menjelaskan supervisi yang dilaksanakan di sekolah untuk peningkatan kualitas guru. Kajian ini merupakan kajian kualitatif berdasarkan pengamatan, pengalaman penulis dan literatur terkait. Hasil kajian menunjukkan masih banyak tantangan yang dihadapi dalam proses supervisi di sekolah seperti keterbatasan supervisor untuk guru yang ada sehingga tidak semua masalah dapat terselesaikan dengan tuntas. Masih ada kesenjangan antara atasan dan bawahan yang menyebabkan informasi dalam proses supervisi tidak dapat digali dengan optimum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kualitas guru, Profesionalitas, Pendidikan
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:34
Last Modified: 09 Jun 2023 04:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

View Item
View Item