Budaya literasi guru dengan metode GENDAM (Gerakan Nulis Pada Media)

Eko, Mulyadi (2022) Budaya literasi guru dengan metode GENDAM (Gerakan Nulis Pada Media). Buletin edukasi Indonesia, 1 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2962-5742

[thumbnail of Jurnal_Eko Mulyadi_SMKN 2 Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Eko Mulyadi_SMKN 2 Yogyakarta_2022.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan kenaikan pangkat golongan IVa ke atas, keterlaksanaan budaya literasi, dan penerapkannya. Metode yang digunakan adalah Gendam (Gerakan Nulis pada Media) melalui workshop penulisan dan diklat. Data guru ASN golongan IVa keatas dianalisis untuk ketercapaiannya. Data diperoleh dari perpustakaan dan jumlah guru ASN yang menulis dan dimuat di koran, majalah, jurnal dan buku baik pelajaran maupun non pelajaran. Temuan menunjukkan bawha ada hambatan kenaikan pangkat disebabkan guru-guru golongan IVa ke atas tidak menulis dan berhenti pada publikasi ilmiah. Keterlaksanaan budaya literasi secara makro baik siswa maupun guru sebesar 83,33%, secara individu masih rendah, sedangkan menulis di Koran 12,90%, menulis di Jurnal 10,48%, menulis di Buletin/Majalah 2,41% dan menulis buku pelajaran/non pelajaran 9,67%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karir guru, Keterampilan menulis, Publikasi ilmiah, Literasi
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Dina -
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:26
Last Modified: 09 Jun 2023 04:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17825

Actions (login required)

View Item
View Item