Konsep ma’rifatu al-nafs dalam pendidikan Islam

Fakhrul, Rijal (2022) Konsep ma’rifatu al-nafs dalam pendidikan Islam. Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama Volume 1 Nomor 1 Maret 2022, 1 (1): 5. pp. 79-100. ISSN 2830-3148

[thumbnail of Jurnal_Fakhrul Rijal_Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al_Aziziyah Sabang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Fakhrul Rijal_Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al_Aziziyah Sabang_2022.pdf

Download (407kB) | Preview

Abstract

Persoalan pendidikan Islam menjadi pokok pembicaraan penting yang tiada habisnya. Apalagi dikaitkan dengan semakin berkembangnya zaman yang diikuti oleh semakin banyaknya perubahan, antara lain perubahan pola pikir, kebutuhan, maupun tujuan pendidikan dari masyarakat, khususnya masyarakat Islam. Memahami Pendidikan Islam hendaknya diawali oleh pemahaman yang baik terhadap subjek dan
objek Pendidikan, yaitu manusia. Hal ini disebabkan manusia dengan berbagai fase dalam kehidupannya menjadi catatan penting yang memberikan kontribusi terhadap usaha merumuskan konsep Pendidikan Islam. Subtansi manusia yang sangat penting dikembangkan dalam Pendidikan Islam adalah potensi al-nafs. Dalam hal ini, nafs bisa menjadi alat atau instrumen yang dapat mempermudah pencapaian tujuan pendidikan, maupun menghambatnya. Proses pendidikanlah yang
harus berupaya mengarahkan manusia agar mampu menggunakan nafs sebaik-baiknya dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an. Oleh karena itu, melalui proses kajian berbagai literatur, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis koneep pengembangan kesadaran diri (ma’rifatu al nafs) dalam pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Nafs, Ma’rifatu al-nafs
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Jun 2023 10:06
Last Modified: 08 Jun 2023 10:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17813

Actions (login required)

View Item
View Item