Fakhrul, Rijal (2022) Konsep ma’rifatu al-nafs dalam pendidikan Islam. Teungku: Jurnal Guru Nahdlatul Ulama Volume 1 Nomor 1 Maret 2022, 1 (1): 5. pp. 79-100. ISSN 2830-3148
Jurnal_Fakhrul Rijal_Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Al_Aziziyah Sabang_2022.pdf
Download (407kB) | Preview
Abstract
Persoalan pendidikan Islam menjadi pokok pembicaraan penting yang tiada habisnya. Apalagi dikaitkan dengan semakin berkembangnya zaman yang diikuti oleh semakin banyaknya perubahan, antara lain perubahan pola pikir, kebutuhan, maupun tujuan pendidikan dari masyarakat, khususnya masyarakat Islam. Memahami Pendidikan Islam hendaknya diawali oleh pemahaman yang baik terhadap subjek dan
objek Pendidikan, yaitu manusia. Hal ini disebabkan manusia dengan berbagai fase dalam kehidupannya menjadi catatan penting yang memberikan kontribusi terhadap usaha merumuskan konsep Pendidikan Islam. Subtansi manusia yang sangat penting dikembangkan dalam Pendidikan Islam adalah potensi al-nafs. Dalam hal ini, nafs bisa menjadi alat atau instrumen yang dapat mempermudah pencapaian tujuan pendidikan, maupun menghambatnya. Proses pendidikanlah yang
harus berupaya mengarahkan manusia agar mampu menggunakan nafs sebaik-baiknya dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan Islam yang sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an. Oleh karena itu, melalui proses kajian berbagai literatur, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis koneep pengembangan kesadaran diri (ma’rifatu al nafs) dalam pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Nafs, Ma’rifatu al-nafs |
Subjects: | Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Een Rohaeni |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 10:06 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 10:06 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17813 |