Perubahan iklim dan perilaku kesehatan masyarakat : Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Semarang

Augustina Situmorang and Widayatun and Sri Sunarti Purwaningsih and Yuly Astuti and Sari Seftiani and Zainal Fatoni (2013) Perubahan iklim dan perilaku kesehatan masyarakat : Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Semarang. Pintal, Yogyakarta. ISBN 978-602-7797-31-4

[thumbnail of Buku_Augustina Situmorang_Puslit Kependudukan_2013.pdf]
Preview
Text
Buku_Augustina Situmorang_Puslit Kependudukan_2013.pdf - Submitted Version

Download (19MB) | Preview

Abstract

Buku "Perubahan Iklim clan Perilaku Kesehatan Masyarakat: Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang" ini disusun berdasarkan studi pada tahap awal dari serangkaian lima tahun penelitian mengenai "Pemahaman clan Perilaku Kesehatan Masyarakat serta Respons Pemerintah clan Peran Masyarakat Madani dalam Menanggulangi Masalah Kesehatan Terkait Perubahan Iklim''. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 tersebut ditujukan untuk mengkaji pemahaman clan perilaku kesehatan masyarakat perkotaan serta mengidentifikasi kebijakan clan program terkait permasalahan DBD sebagai akibat dari perubahan iklim. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan berbagai pendekatan kualitatif, seperti wawancara terbuka terhadap beberapa narasumber clan stakeholders terkait, diskusi kelompok terfokus, serta observasi. Selain itu, data dikumpulkan melalui studi pustaka terhadap literatur clan artikel-artikel terkait.

Pemahaman masyarakat tentang perubahan iklim masih sangat terbatas. Meskipun sebagian besar sudah pernah mendengar istilah tersebut melalui media elektronik maupun cetak, mereka tidak memahami dampaknya terhadap kehidupan schari-hari. Hampir tidak ada masyarakat yang mengaitkan peningkatan kasus DBD di wilayahnya pada akhir-akhir ini dengan fenomena perubahan iklim. Sebagian masyarakat sudah mengetahui cara-cara pencegahan clan pengobatan DBD. Namun, pengetahuan yang baik ini tidak selalu sejalan dengan perilaku. Hal ini antara lain karena adanya sikap kurang peduli masyarakat clan terbatasnya sarana air bersih di beberapa wilayah Kota Semarang.

V

Mengingat kasus DBD di wilayah ini terns meningkat, diperlukan partisipasi aktif dari semua pihak, baik sektor pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Hal ini antara lain dapat dilakukan dengan cara meningkatkan pemahaman mengenai dampak perubahan iklim clan perubahan pola penyakit serta meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih. Dengan pemahaman yang baik clan benar serta kebersihan lingkungan yang sesuai dengan standar kesehatan, diharapkan upaya pencegahan DBD dapat dilakukan sebagaimana mestinya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Health understanding, climate change, dengue fever, urban area, semarang city
Subjects: Health Resources > Community & Population Characteristics
Medicine & Biology > Clinical Medicine
Medicine & Biology > Ecology
Medicine & Biology > Parasitology
Medicine & Biology > Pathology
Depositing User: - Elfrida Meryance Saragih
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:25
Last Modified: 11 Aug 2023 08:25
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17762

Actions (login required)

View Item
View Item