Penyuluhan dan pelatihan pembuatan minuman instan jahe (Zingiber officinale) sebagai imunomodulator dalam upaya peningkatan imunitas dan minat kewirausahaan masyarakat Desa Sirnaraja di era pandemi.

Vera, Nurviana and Nur, Rahayuningsih and Keni, Idacahyati and Yadi, Aditya Prawira (2022) Penyuluhan dan pelatihan pembuatan minuman instan jahe (Zingiber officinale) sebagai imunomodulator dalam upaya peningkatan imunitas dan minat kewirausahaan masyarakat Desa Sirnaraja di era pandemi. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (10): 29. pp. 3557-3566. ISSN 2615-0921

[thumbnail of Jurnal_Vera Nurviana_Universitas Bakti Tunas_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Vera Nurviana_Universitas Bakti Tunas_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (490kB) | Preview

Abstract

Jahe (Zingiber officinale) merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak ditanam oleh masyarakat desa Sirnaraja, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Khasiat jahe sebagai obat herbal terutama imunomodulator sudah terbukti baik secara empiris maupun secara ilmiah. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan minuman instan jahe bertujuan untuk memanfaatkan potensi daerah, memberikan informasi tentang pemanfaatan jahe untuk meningkatkan imunitas tubuh dan meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat dengan pelatihan pembuatan sediaan minuman instan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim KKN Prodi S1 Farmasi Universitas BTH dengan memberikan penyuluhan dan pelatihan yang bertempat di Gor Desa Sirnaraja. Adapun susunan kegiatannya meliputi: Pengisian kuesioner pretest, kegiatan sosialisasi mengenai tanaman jahe, persiapan bahan baku minuman herbal jahe, demonstrasi pembuatan produk minuman herbal jahe, serta pengisian kuesioner post test oleh peserta kegiatan. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan pembuatan sediaan minuman instan jahe sebagai upaya peningkatan imunitas dan minat kewirausahaan masyarakat desa Sirnaraja dihadiri oleh ibu-ibu kader PKK dengan antusias yang sangat tinggi. Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji T berpasangan dapat diperoleh nilai p-value (0.000) < α (0.05), hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai skor kuesioner peserta sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai manfaat dan cara pembuatan minuman instan jahe sebagai imunomodulator serta mampu mendorong minat kewirausahaan masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jahe, Imunomodulator, Minuman herbal, Potensi daerah
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Medicine & Biology > Pharmacology & Pharmacological Chemistry
Agriculture & Food
Agriculture & Food > Food Technology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Jun 2023 09:37
Last Modified: 06 Jun 2023 09:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item
View Item