Menerapkan pendidikan kesehatan peer group pada remaja putri dalam beradaptasi dengan PreMenstrual syndrom

Regina, Vidya Trias Novita and Ni Nyoman, Sri Artina Dewi and Anastasya, Febiyani Bari (2022) Menerapkan pendidikan kesehatan peer group pada remaja putri dalam beradaptasi dengan PreMenstrual syndrom. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 5 (10): 13. pp. 3373-3386. ISSN 2615-0921

[thumbnail of Jurnal_Regina Vidya Trias Novita_STIK Sint Carolus_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Regina Vidya Trias Novita_STIK Sint Carolus_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (592kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kesehatan peer group akan dapat mengurangi terkait gejala PMS. Dampak dari PMS ini khususnya pada remaja terlihat dari gangguan aktivitas belajar antara lain tidak konsentrasi belajar, sampai pada kehilangan semanagat belajar. Pendampingan pendidik sebaya harus memulai pelatihan dengan menyebarkan informasi kesehatan reproduksi khususnya terkait PMS dalam kelompok kecil. Setelah pendampingan menujukkan perbedaan tingkat kecemasan sebelum dan sesudah diberikan edukasi sebaya pada siswi SMA didapatkan bahwa sebagian besar responden pada pre edukasi yakni tidak cemas, namun ada responden yang mengalami kecemasan berat sebanyak 10,4% dan berat sekai sebanyak 1,3%, para siswi mengatakan sangat puas 54.5% dan puas 41.6%. Media komunikasi dengan online ini membuat para siswi merasakan manfaatnya menggunakan teknologi untuk mencari infromasi yang diharapakan, sehingga peer edukasi dapat dilakukan secara online. Diiringi dengan kemampuan para fasilitator dalam berkomunikasi menggunakan Teknik konseling yang digunakan 53.2% mengatakan sangat puas dan tingkat puas sebesar 39%. Peer edukasi yang didalamnya diberikan Teknik komunikasi konseling dan mampu memberikan solusi yang tepat sesuai permsalahan terlihat dari survey kepuasan adalah 48.7% sangat puas dan puas 43.4%. Pentingnya pengetahuan, edukasi yang diberikan kepada remaja sehingga dapat mengurangi dampak yang kurang baik untuk kualitas hidup remaja sehingga adanya peer education ini sangat bermanfaat untuk dilakukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kesehatan, Peer group, Teknik konseling
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Jun 2023 08:34
Last Modified: 05 Jun 2023 08:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17671

Actions (login required)

View Item
View Item