Analisis bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor

Sarah Iasya and Nur Fitriyani and Chairrun Nisha Nur Rochman (2022) Analisis bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang, Bogor. Manajemen dan Pariwisata, 1 (2): 6. pp. 224-235. ISSN 2829-5692

[thumbnail of Jurnal_Sarah Iasya_Politeknik Negeri Jakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sarah Iasya_Politeknik Negeri Jakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Bauran Pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang. Penentuan lokasi berdasarkan potensi untuk mengembangkan suatu daya tarik wisata yang diduga masih belum diketahui banyak orang karena belum optimalnya pemasaran yang dilakukan dan belum adanya penelitian mengenai pemasaran di destinasi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarang dilihat dari persepsi wisatawan. Studi ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan analisis statistik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Jumlah sampel ditentukan menggunakan teori Slovin, dan didapat 100 sampel dengan penentuan sampelmenggunakan sampling quota. Hasil kuesioner diukur menggunakan skala nominal, skala interval, dan skala likert. Alat yang digunakan untuk mengolah data dan memperoleh hasil perhitungan adalah Microsoft Excel dan SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan bauran pemasaran pada Kampung Budaya Sindangbarang sudah terlaksana dengan baik, tetapi ada hal-hal tertentu yang harus diperhatikan dan diperbaiki agar wisatawannya meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan karakteristik wisatawan dan keberhasilan bauran pemasaran di Kampung Budaya Sindangbarangdengan nilai rata-rata 3.50 dan diketahuinya elemen bauran pemasaran yang paling mempengaruhi dan yang paling lemah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Persepsi wisatawan, Bauran pemasaran, Kampung Budaya Sindangbarang
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Urban & Regional Technology & Development > Recreation
Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Jun 2023 03:14
Last Modified: 05 Jun 2023 04:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item
View Item