Kontinuitas munâsabah pada tafsir al-Qur’an dalam lintas generasi (analisis kitab tafsir Mafāt iḥ Al-Gaib, Nazhm ad-Durar Fî Tanâsub al-Âyât Wa as-Suwar dan Nizhâm al-Qur’ân)

Nailatuz Zulfa and Anna Shofiana (2021) Kontinuitas munâsabah pada tafsir al-Qur’an dalam lintas generasi (analisis kitab tafsir Mafāt iḥ Al-Gaib, Nazhm ad-Durar Fî Tanâsub al-Âyât Wa as-Suwar dan Nizhâm al-Qur’ân). Jurnal Mafatih: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 1 (2): 1. pp. 1-15. ISSN 2829-4092

[thumbnail of Jurnal_Nailatuz Zulfa_UIN Sunan Kalijaga_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nailatuz Zulfa_UIN Sunan Kalijaga_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kontinuitas atau perkembangan dari munâsabah Al-Qur’ân. Fokus penelitian ini pada karakteristik kontinuitas munâsabah dalam Al-Qur’ân melalui Tafsir Mafātīḥ AlGaib, Asrar tartib Nazhmud Durar fi Tanasubil Ayi was-Suwar, Nizhâm al-Qur’ân. Pendekatan penelitian ini menggunakan diskriptif-analitik, dengan teknik deduktif, yaitu mencari berbagai macam literatur atau referensi yang berkaitan dengan munâsabah. Kesimpulan dari artikel ini bahwa munâsabah pada abad modern-kontemporer ini sudah tidak seperti di abad klasik dan pertengahan.Artinya sudah terdapat penambahan, munâsabah ayat dalam satu surah yang diterapkan ulama’ klasik dan pertengahan hanya menjelaskan sebagiannya saja. Berbeda dengan munâsabah yang diterapkan oleh ulama’ modern-kontemporer yang sudah mampu mencetuskan bahwa secara keseluruhan ayat dalam satu surat itu terdapat korelasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’ân, Munâsabah, Kontinuitas
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 10:26
Last Modified: 04 Jun 2023 13:18
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item
View Item