Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa

Hartiwi, Aliah Ningsih and Sitti, Rahma Yunus and Sitti, Saenab and Ratnawaty, Mamin (2022) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab. Gowa. Celebes Science Education, 1 (1): 6. pp. 38-46. ISSN 2829-646X

[thumbnail of Jurnal_Hartiwi Aliah Ningsih_Universitsa Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hartiwi Aliah Ningsih_Universitsa Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman konsep peserta didik setelah diajar melalui model pembelajaran berbasis masalah, (2) Untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pemahaman konsep peserta didik setelah diajar melalui model pembelajaran langsung, (3) Untukmengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahamankonsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab.Gowa (Studi Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor) tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan asumsi bahwa seluruh kelas adalah homogen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan tes pemahaman konsep dalam bentuk objektif dan lembar observasi keterlaksanaan model. Data dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data untuk kelas eksperimen memperoleh skor rata-rata sebesar 34.43 kategori sangat tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 32.23 kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Tingkat pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan modelpembelajaran berbasis masalah berada pada kategori sangat tinggi, (2) Tingkat pemahaman konsep peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung berada pada kategori tinggi, (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pallangga Kab.Gowa (Studi Pada Materi Suhu dan Kalor) tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah, Pemahaman konsep
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 07:00
Last Modified: 31 May 2023 07:00
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17520

Actions (login required)

View Item
View Item