Perbandingan pengaruh metode peta pikiran dan peta konsep pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Makassar (studi pada materi pokok pemanasan global)

Nurfahmi, Hamka and Ramlawati, Ramlawati and Sitti, Rahma Yunus (2022) Perbandingan pengaruh metode peta pikiran dan peta konsep pada model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Makassar (studi pada materi pokok pemanasan global). Celebes Science Education, 1 (1): 5. pp. 31-37. ISSN 2829-646X

[thumbnail of Jurnal_Nurfahmi Hamka_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurfahmi Hamka_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Seberapa tinggi skor hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode peta pikiran pada model discovery learning kelas VII 1 SMPN 18Makassar (studi pada materi pokok pemanasan global), (2) Seberapa tinggi skor hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode peta konsep pada model discovery learning kelas VII 2 SMPN 18 Makassar (studi pada materi pokok pemanasan global), (3) Apakah metode peta pikiran pada modeldiscovery learning lebih berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 18 Makassar (studi pada materi pokok pemanasan global) dibandingkan metode peta konsep pada model discovery learning. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain penelitian modifikasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 18 Maskassar. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian ini berupa tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 item soal yang telah divalidasi ahli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pemberian pretest dan postest. Data analisis dengen statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis inferensial menggunakan uji-t diperoleh bahwa H0 ditolak Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan metode peta pikiran lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan metode peta konsep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peta pikiran, Peta konsep, Hasil belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 06:57
Last Modified: 31 May 2023 06:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17519

Actions (login required)

View Item
View Item