Pengaruh metode brainstorming pada model learning cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju Kab. Luwu Utara

Suciati Udin and Ramlawati and Siti Rahma Yunus (2022) Pengaruh metode brainstorming pada model learning cycle 5E terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju Kab. Luwu Utara. Celebes Science Education, 1 (1): 4. pp. 24-30. ISSN 2829-646X

[thumbnail of Jurnal_Suciati Udin_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Suciati Udin_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju yang diajar menggunakan metode brainstorming pada model learning cycle 5e, 2) peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju yang diajar dengan menggunakan model learning cycle 5e tanpa metode brainstorming, 3) ada tidaknya pengaruh metode brainstorming pada modellearning cycle 5e terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain Nonequivalent Grup Control Grup Design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 2 Sukamaju Kab. Luwu Utara Tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian yang digunakan 33 orang pada kelas eksperimen dan 32 orang pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Analisis peningkatan motivasi dan hasil belajar menggunakan N-Gain, mengungkapkan bahwa skor N-Gain hasil belajar peserta didik yang diajar dengan metode brainstorming pada model learning cycle 5e yaitu 0,66 masuk pada kategori sedang. Sedangkan skor N-Gain hasil belajar untuk kelas kontrol yang menggunakan model learning cycle 5e tanpa metode brainstorming yaitu 0,54 masuk pada kategori sedang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima pada α= 0,05, untuk hasil analisis hasil belajar diperoleh thitung = 2,76 ˃ ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode brainstorming pada model learning cycle 5e berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Sukamaju pada materi pokok zat aditif dan zat adiktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brainstorming, Learning cycle 5E, Hasil belajar
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 03:58
Last Modified: 31 May 2023 06:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17518

Actions (login required)

View Item
View Item