Pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene (studi pada materi klasifikasi makhluk hidup)

Rona Sari and Abdul Munim and Nurhayati H. Muhiddin (2022) Pengaruh model kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene (studi pada materi klasifikasi makhluk hidup). Celebes Science Education, 1 (1): 3. pp. 17-23. ISSN 2829-646X

[thumbnail of Jurnal_Rona Sari_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rona Sari_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene yang diajar dengan menggunakan model Cooperatif Learning tipe Think Pair Share (TPS) pada materi klasifikasi makhluk hidup; (2) untuk mengetahui tingkat hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene yang diajar dengan menggunakan model Pembelajran Langsung (direct instruction) pada materi klasifikasi makhluk hidup; dan (3) untuk mengetahui pengaruh model Cooperatif Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene. Pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Hasil analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata pada kelas eksperimen tergolong kategori tinggi dan pada kelas kontrol tergolong kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial mengunakan uji hipotesis diperoleh bahwa Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Cooperatif Learning tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Majene pada materi klasifikasi makhluk hidup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Think pair share, Hasil belajar, Klasifikasi makhluk hidup
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 03:57
Last Modified: 31 May 2023 06:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item
View Item