Pengaruh metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Palangga Kabupaten Gowa

Ridha, Alfiana and Ratnawaty, Maming and Sitti, Rahma Yunus (2022) Pengaruh metode pembelajaran PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Palangga Kabupaten Gowa. Celebes Science Education, 1 (1): 1. pp. 1-7. ISSN 2829-646X

[thumbnail of Jurnal_Ridha Alfiana_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ridha Alfiana_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode PQ4R (preview, question, read, reflect, recite, review) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Palangga Kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode PQ4R dan metodekonvensional dan variabel terikatnya adalah hasil belajar peserta didik Kelas VII SMPN 3 Palangga pada materi pokok Ekosistem. Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMPN 3 Palangga yang terdiri atas 7 kelas dengan peserta didik sebanyak 208 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yaitu double randomsampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 30 dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 30 orang. Penelitian ini menggunakan Instrument soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan model. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest dan dengan menggunakan lembar keterlaksanaan model. Data hasil penelitian pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 33 dan kelas kontrol 30,7 pada pretest, pada posttest rata-rata kelas eksperimen adalah 85,83 dan kelas kontrol 79,63. Setelah analisis deskriptif dilakukan analisis inferensial menggunakan uji-t. Hasil analisis statistik inferensial thitung = 3,4>t (0,05;58) = 1,67, maka dapat disimpulkan bahwa Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMPN 3 Palangga pada materi pokok Ekosistem.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PQ4R, Hasil belajar, Ekosistem
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 31 May 2023 03:54
Last Modified: 31 May 2023 03:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17511

Actions (login required)

View Item
View Item