Intervensi pada siswa dengan kesulitan belajar diskalkulia

Novita, Maulidya Jalal (2022) Intervensi pada siswa dengan kesulitan belajar diskalkulia. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1): 5. pp. 466-474. ISSN 2684-7981

[thumbnail of Jurnal_Novita Maulidya Jalal_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Novita Maulidya Jalal_Universitas Negeri Makassar_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (237kB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar matematika akibat diskalkulia hingga hari ini masih belum banyak diketahui penanganan atau intervensinya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penanganan atau intervensi yang dapat diberikan kepada siswa yang mengalami diskalkulia. Metode penelitian yang dilakukan yakni metode kepustakaan atau library research. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakana data sekunder. Tahap penelitian yang dilakukan yakni mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yakni memberikan bimbingan belajar individual, memberikan braingym, pemberian soal secara bertahap dan berkelanjutan, model psikoedukasi, model kognitif, model medis, model neuropsikologis dan model kognitif, serta pengembangan media gambar terhadap diskalkulia di sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Intervensi, Kesulitan belajar, Diskalkulia
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Psychology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 24 May 2023 01:59
Last Modified: 24 May 2023 01:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17073

Actions (login required)

View Item
View Item