Yuliana, Lu and Yeni, Ana Hamu (2022) Teori operant conditioning menurut Burrhusm Frederic Skinner. Jurnal Arrabona, 5 (1): 2. pp. 22-39. ISSN 2622-5433
Jurnal_Yuliana Lu_Yayasan Sabda Holistik Abdi Reformasi_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (440kB) | Preview
Abstract
Proses membimbing siswa di sekolah yang dilakukan oleh guru tidak saja secara akademik tetapi juga membimbing siswa untuk memiliki sikap dan karakter yang baik. Oleh karena itu guru perlu tahu metode yang tepat untuk proses pembimbangan kepada siswa. Teori Skinner adalah salah satu motode untuk menolong guru dalam membimbing siswa karena dalam teori Skinner terdapat penguatan (reinforcement), hukuman (punishment), pembentukan (shaping). Tetapi terkadang masih banyak guru yang hanya memberikan hukuman saja kepada siswa yang bermasalah tanpa memberikan penguatan dan pembentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arti dari teori B.F. Skinner supaya guru-guru di sekolah dapat menerapkan teori ini untuk membimbing siswa di sekolah. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian dekriptif, yang ditindaklanjuti dengan penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data dan melakukan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian penulis, masih banyak guru-guru yang belum memahami teori Skinner ini dan ada juga guru yang masih beranggapan bahwa memberikan hukuman itu wajib sedangkan penguatan dan pembentukan tidak perlu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teori operant conditioning, Burrhusm Frederic Skinner |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 May 2023 04:14 |
Last Modified: | 23 May 2023 04:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/17018 |